Senin, 01 Agustus 2022

Sekolah Lapang Iklim Operasional Kab. Bungo Provinsi Jambi Tahun 2021


Bungo - Kamis (21/10/2021), bertempat di Desa Lubuk Benteng Kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo, telah dilaksanakan acara penutupan Sekolah Lapang Iklim (SLI) Operasional. Dimana sebelumnya telah dibatalkan acara pembukaan SLI Operasional Kab.Bungo akibat dari penerapan PPKM Level 4 Pandemi COVID19, sehingga pertemuan hanya diwakili oleh perwakilan petani dan tim Stasiun Klimatologi Muaro Jambi di Balai Rio Lubuk Benteng.

Tema Sekolah Lapang Iklim Operasional Provinsi Jambi tahun 2021 masih sama yaitu "Petani Cerdas Iklim, Panen Berkualitas Tiap Musim". SLI Operasional Kabupaten Bungo dilaksanakan selama 1 musim tanam (Juni-September 2021) menggunakan bibit padi Inpari 42, yang akan diikuti oleh 25 orang petani dari Kelompok Tani "Sungai Kemang" Desa Lubuk Benteng Kecamatan Bathin III. Luas areal 91 hektar. Dari 25 orang peserta terdapat 6 orang peserta wanita, yang berarti keterwakilan wanita sebagai peserta sebanyak 24%.

Penyelenggaran SLI Operasional ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan seperti pengamatan agroekosistem setiap 7 (tujuh) hari sekali dengan parameter yang diamati seperti umur tanaman, keadaan cuaca, curah hujan dasarian, jenis penyakit dan hama tanaman saat ini, kondisi air, kondisi tanah, kondisi tanaman, tinggi tanaman, jumlah batang per rumpun dan jumlah daun per batang. selain pengamatan agroekosistem, adapun pertemua dilakukan untuk menyampaikan beberapa materi yang disampaikan oleh forcaster BMKG Stasiun Klimatologi Muaro Jambi dan koordinato PPL Kecamatan Bathin III oleh Bapak Muhammad, SP.

Acara syukuran panen sekaligus penutupan SLI Operasional Kab. Bungo Tahun 2021 dihadir oleh Bapak Drs. Mursidi, MM selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Bungo. Dalam sambutannya beliau berterima kasih kepada BMKG khususnya Stasiun Klimatologi Muaro Jambi yang telah melaksanakan kegiatan SLI Operasional di Kabupaten Bungo. Pada musim panen kali ini terjadi peningkatan hasil produksi dari rata-rata 7.6 ton/ha GKP menjadi 8.1 ton/ha GKP, dimana terjadi peningkatan sekitar 6.5%.Hal ini tidak lepas dari kerja sama yang baik dari berbagai pihak demi suksesnya kegiatan SLI Operasional Kab. Bungo.

(chinthya).

0 komentar:

Posting Komentar