Minggu, 31 Juli 2022

Sekolah Lapang Iklim Operasional Kab. Batanghari Provinsi Jambi Tahun 2021


Jambi - Senin (21/06/2021), bertempat di Desa Danau Embat Kecamatan Marosebo Ilir Kabupaten Batanghari, Acara Pembukaan Sekolah Lapang Iklim Operasional dilaksanakan dengan menggunakan protokol kesehatan Covid19 yang ketat, yaitu dengan prinsip 5M, “Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas”.

Sekolah Lapang Iklim Operasional Provinsi Jambi tahun 2021 mengambil tema "Petani Cerdas Iklim, Panen Berkualitas Tiap Musim". Tema ini diangkat agar para petani dan petugas pertanian dapat memahami informasi iklim sehingga kerugian akibat dampak iklim ekstrem dapat dikurangi. SLI Operasional Kabupaten Batanghari dilaksanakan selama 1 musim tanam (Juni-September 2021) menggunakan bibit padi Inpari 42, yang akan diikuti oleh 25 orang petani dari Kelompok Tani "Lebung Kata Hati" Desa Danau Embat Kecamatan Marosebo Ilir. Luas areal 10 hektar dari total luas areal persawahan di desa tersebut adalah 66 hektar.

Acara pembukaan SLI Operasional Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi tahun 2021 dihadiri oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) BMKG di Provinsi Jambi secara langsung dan juga dihadiri oleh Kepala Stasiun Klimatologi di seluruh Indonesia, serta pejabat struktural di Kedeputian Klimatologi BMKG. Dalam kesempatan ini, berkenan untuk membuka adalah Bapak Hendro Nugroho, MSi selaku Kepala Balai Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah II Jakarta secara online.

Hasil ubinan yang diumumkan oleh Bapak Mara Mulya Pane, SP selaku Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Batanghari pada angka 6.37 ton/ha yang sekaligus menunjukkan peningkatan hasil panen sebesar 22.5% Gabah Kering Panen (GKP) dibanding rata-rata produktifitas lokasi tersebut yaitu sebesar 5.2 ton/ha. Suksesnya acara SLI Operasional ini tak lepas dari peran penting POPT (Pengamat Organisme dan Pengganggu Tanaman), BPTPH (Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura), PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan), dan tentunya dari Stasiun Klimatologi Muaro Jambi.

.

0 komentar:

Posting Komentar